Rabu, 29 Desember 2010

Radar malang


RADAR MALANG
Nama : M Imron R
Nim : 07110102
Kelas : A
Ketika itu, mata kuliah jurnalistik dialihkan yang mana bertempat di jawa post radar malang.salah satu dari orang yang bekerja disana memberikan meteri sedikit tentang ruang lingkup jawapost dan lain-lain.salah satunnya pentingnya menulis dan membaca. Menulis adalah suatu kegiatan atau aktivitas untuk menghasilkan karya yang mana dapat bermanfaat pada diri sendiri dan orang lain. Seperti halnya sebagai pekerja di jawa post radar malang, mereka mencari informasi yang akurat kemudian di edit dan ditulis atau di benahi sekiranya kata-kata yang tepat untuk dipublikasikan di media seperti koran,bahwa hal-hal yang harus diperhatikan oleh seorang penulis dalam hal ini beliau mengkhususkan wartawan sesuai dengan profesi beliau. Beliau menjelaskan  dalam meliput berita harus memenuhi kriteri 5W+ 1 H, yaitu:
1.      What ( Apa)
2.      Who ( Siapa)
3.      When ( Kapan) 
4.      Why ( Kenapa)
5.      Where ( Dimana)
6.      How ( Bagaimana)
Beliau juga memberikan stimulus, betapa pentingnya menulis,sering-seringlah untuk melakukan mencari informasi dengan membaca dan menulis.kemudian ada juga menulis trik apa yang telah dikatakannya yakni :
1.    Tulis apa saja : tulis apa saja yang ada di otak atau suatu informasi yang telah di dapat.jangan memikirkan kata-kata apa yang sekiranya baik. Sampai semua sumber dan data yang diperoleh sudah habis.
2.    Edit : setelah itu, mengedit tulisan yang sebelumnya tadi, sekiranya mana tulisan atau kata yang kurang enak dan pas untuk dirubah.
3.    Setelah ada inpirasi, jangan membaca tulisan awal. Karena nantinya akan membuat penulis jadi bingung.antara tulisan awal dengan tulisan yang akhir.
Jadi dalam penulisan suatu berita untuk ditekankan ada unsur 5W 1H, agar suatu informasi akan lebih valid.
Sebagai dunia jurnalistik,Jawa post radar malang memilki istilah “wartawan”. Dan wartawan memiliki kode etik, kode etik tersebut tersebut adalah wartawan haruslah melindungi dan menjaga privasi narasumber, wartawan harus melindungi anak-anak dibawah umur, wartawan tidak boleh menulis hal-hal yang tidak berimbang, wartawan boleh melakukan hak tolak, dan terpenting adalah wartawan tidak boleh plagiat atau mengambil tulisan orang.
Kode etik wartawan di atas merupakan hal yang wajib dipatuhi oleh para wartawan. Jika mereka melanggar maka akan mendapatkan sanksi baik bersifat intern maupun sanksi moral. Dalam mencari informasi seorang Wartawan harus mencari selengkap-lengkapnya, apa adanya, tidak dibuat-buat. Setelah itu diolah (diketik kembali dengan kata-kata yang baku,para wartawan bertugas mencari informasi terkini seputar di kota dan kab.malang. yang mana nantinya sumber informasi yang di dapat akan dikumpulkan di jawapost
Adapun pembagian tugas, ada yang mencari info atau berita tentang kriminal, pendidikan,olahraga, pemkot batu dll.Kemudian ada redaksi/ redaktur, kemudian bagian layout yang mana membentuk susunan grafis seperti yang dilakukan oleh bapak yudo. Kemudian ada juga bagian fotographer , kemudian di laporkan dan diserahkan pada redaktur. Untuk itu struktur yang ada di dalam sebuah kantor media khusunya di Radar Malang terbagi menjadi beberapa bagian yaitu bagian:
1.       Tim Redaktur
2.      Editor
3.      Lay-Out
4.      Foto Grafer
5.      Desain Grafis
6.      pra-Cetak, dan sebagainya.
Lebih jelasnya proses pembuatan atau percetakan koran selanjutnya yaitu dari Tim Wartawan itu,  khususnya wartawan Radar Malang menyerahkan kepada Tim Redaktur, Untuk diedit kembali hasil berita, informasi, fakta-fakta yang telah didapat.Berasal dari berbagai bidang antara lain Bidang Pendidikan, Ekonomi, Kesehatan, Politik, Olahraga, dan sebagainya itu diberi batas waktu untuk mengumpulkan batas maksimal sampai jam 22.00 WIB. Kemudian melakukan proses pra-Cetak  yang bertempat di Radar Malang. Kemudian pada malam hari  melakukan proses catak asli yang bertempat di daerah Pakis. Dan paginya sudah bisa dibaca oleh masyarakat. Resume observasi di jawapost malang  tgl 26 oktober 2010
.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar