Senin, 31 Januari 2011

metode pembelajaran CTL

A.Pengertian
Kata kontekstual (contektual) berasal dari kata context yang berarti “hubungan ,konteks, suasana dan keadaan(konteks)”(KUBI,2002:519). Sehingga Contekstual Teeaching and learning(CTL) dapat diartikan sebagai suatu pembelajaran yang berhubungan dengan Susana tertentu. Secara umum contekstual mengandung arti :yang berkenan,releven,mengikuti konteks,yang membawa maksud,makna,dan kepentingan.
Adapun pengertian CTL menurut Depdiknas (2003:5) adalah sebagai berikut: ”Kontekstual(Contekstual Teaching and Learning) adalah konsep belajar yang membantu guru mengkaitkan antara materi yang diajarkan dengan situasi dunia nyata dan mendorong siswa membuat hubungan antara pengetahuan yang dimilikinya dengan perencanaan dalam kehidupan mereka sehari-hari.
Sedangkan menurut Johnson CTL adalah proses (pembelajaran) yang bertujuan memmbantu siswa melihat maknah dalam bahan yang mereka pelajari dengan cara menghubungkannya dengan konteks kehidupan sehari-hari
Dari definisi diatas,dapat dijelaskan bahwa pembelajaran kontekstual atau Contekstual Teaching and Learning adalah konsep belajar dimana guru menghadirkan dunia nyata kedalam kelas dan mendorong siswa membuat hubungan antara pengetahuan yang dimiliki dengan penerapannya dalam kehidupan mereka sehari-hari. Siswa memperoleh pengetahuan dan keterampilan tersebut dari konteks yang terbatas,sedikit demi sedikit melalui proses mengkontruksi sendiri sebagai bekal untuk memecahkan masalah dalam kehidupannya di masyarakat. Cara belejar yang terbaik dalam model atau pendekatan ini adalah siswa mengkontruksikan sendiri secara aktif pemahamannya.
B.Konsep Dasar Strategi Pembelajaran CTL
CTL adalah suatu strategi pembelajaran yang menekankan pada proses keterkibatan siswa secara penuh untuk dapat menemukan materi yang dipelajari dan menghubungkannya dengan situasi kehidupan nyata sehingga mendorong siswa untuk dapat menerapkannya dalam kehidupan mereka. Dari konsep diatas terdapat tiga hal yang harus kita pahami:
1. CTL menekankan pada proses keterlibatan siswa untuk menemukan materi,artinya proses belajar diorientasikan pada proses pengalaman secara langsung
2. CTL mendorong agar siswa dapat menemukan hubungan antara materi yang dipelajari dengan situasi kehidupan nyata,artinya siswa dituntut untuk dapat menangkap hubungan antara pengalaman belajar di sekolah dengan kehidupan nyata. Hal ini sangat penting,sebab dengan dapat mengkorelasikan materi yang ditemukan dengan kehidupan nyata,bukan saja bagi siswa materi itu akan berfungsi secara fungsional,akan tetapi materi yang dipelajarinya akan tertanam erat dalam memori siswa,sehingga tidak akan mudah dilupakan
3. CTL mendorong siswa untuk dapat menerapkannya dalam kehidupan,artinya CTL bukan hanya mengharapkan siswadapat memahami materi yang dipelajarinya,akan tetapi bagaimana materi pelajaran itu dapat mewarnai perilakunya dalamkehidupan sehari-hari.(Depdiknas,2003:6)
Dalam contekstual Teaching and Learning(CTL) diperlukan sebuah pendekatan yang lebih memberdayakan siswa dengan harapan siswa mampu mengkonstruksikan pengetahuan dalam benak mereka,bukan menghafal fakta. Disamping itu belajar melalui mengalami bukan menghafal,mengingat pengetahuan bukan sebuah perangkat fakta dan konsep yang siap diterima akan tetapi sesuatu yang harus dikontruksikan oleh siswa. Dengan rasional tersebut pengetahuan selalu berubah sesuai dengan perkembangan jaman
C.Karakteristik CTL
Karakteristik contektual teaching learning adalah sebagagai berikut:
1. Kerja sama antar peserta didik dan guru (cooperative)
2. Saling membantu antar peserta didik dan guru (assist)
3. Belajar dengan bergairah (enjoyfull learning)
4. Menggunakan multi media dan sumber belajar
5. Cara belajar siswa active (student active learning)
6. Sharing bersama teman (take and give)
7. Siswa kritis dan guru kreatif
8. Laporan siswa bukan hanya raport,tetapi juga hasil karya siswa,laporan hasil praktikum,karangan siswa dan sebagainya

Tidak ada komentar:

Posting Komentar